Thursday 3 November 2016

AJARAN KANDA PAT BERKAITAN DENGAN BUANA AGUNG DAN BHUANA ALIT








sebelum kita membahas tentang kanda pat di sini kita menghormati lontar lontar dan yang menyangkut budaya bali,tidak semua ilmu kanda pat ke jalan yang salah,tergantung orang yang membawanya ke arah tuhan atau ke arah setan.

Kanda Pat (empat) adalah filosofi kehidupan masyarakat Bali,Jika dapat memahami hakekatnya ilmu ini dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan spiritual.

Kanda Pat atau Kanda Empat sejatinya sebuah petuah tentang hubungan manusia dengan Tuhan dan alam semesta dengan segala sifat-sifatnya. Bahwa antara tubuh manusia yang disebut bhuana alit dengan alam semesta yang disebut bhuana agung memiliki kesamaan sifat dan saling terkait. Manusia senantiasa beradaptasi dan berbaur dengan alam. 

Kalau jagad raya ini dipilah menjadi empat bagian yaitu utara, timur, selatan dan barat, manusia yang juga disebut alam mikrokosmos, menurut konsep Kanda Pat, juga dibagi menjadi empat bagian.Bagian-bagian itu sudah ditempel sejak manusia berada dalam kandungan. 

Keempat saudara ini yang memelihara dan menjaga janin sewaktu masih dalam kandungan. Ketika lahir, keempat saudara tersebut berpisah. 

Setelah manusia berumur empat tahun, keempat saudara tersebut saling melupakan, dan mencari dunianya sendiri-sendiri. 

Kemudian keempat saudara tersebut dengan kuat melakukan tapa yasa dan berganti nama lagi. Anggapati bergelar Begawan Penyarikan berkedudukan di timur, sedangkan di tubuh manusia tempatnya di kulit. Prajapati bergelar Begawan Mercukunda berkedudukan di selatan, dalam tubuh manusia letaknya di daging. Banaspati menjadi Begawan Shindu Pati berkedudukan di barat, dalam tubuh manusia tempatnya di urat.Banaspatiraja menjadi Begawan Tatul, berkedudukan di utara, dalam tubuh manusia tempatnya di tulang. 

Keempat saudara ini menempati tubuh manusia dan alam semesta (makrokosmos) sebagai sumber kekuatan .Dalam dunia spiritual kekuatan itu dilambangkan dengan Dasa Aksara. 


No comments:

Post a Comment

Terimakasih Telah Berkunjung Dan Membaca artikel saya,Selamat Membaca.